Wednesday, May 6, 2015

Pedoman Bagi Pengacara Bantuan Hukum


Apa anda harapakan dari Pengacara Bantuan Hukum. Pengacara yang anda dapatkan melalui Kantor Bantuan Hukum seharusnya melakukan tindakan sebagai berikut:

1. Mengajukan permohonan, ketika permohonan anda diterima dan anda menghubungi pengacara. Pengacara harus bertemu langsung dengan anda, segera mungkin untuk membahas kasus yang anda hadapi, kebiasaannya pengacara akan menemui anda sendiri kecuali jika anda perlu penerjemah.

2. Pada pertemuan awal dengan Pengacara anda, Pengacara seharusnya menanyakan anda:
  • Segala informasi yang anda punya mengenai kasus anda.
  • Apa hasil yang diharapkan dari kasus anda.
3.   Pengacara anda seharusnya menjelaskan kepada anda :
  • Kerahasiaan ( itu artinya bahwa Pengacara anda tidak bisa diskusi kasus anda dengan yang lain tanpa izin dari anda).
  • Peran anda dan Peran Pengacara.
  • Langkah langkah dalam proses hukum.
  • Pilihan-pilihan hukum.
  • Kesempatan anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan.
  • Risiko yang akan anda hadapi.
  • Batasan batasan dari bantuan hukum.
4. Pengacara anda seharusnya mengikuti alasan instruksi anda tentang bagaimana menghadapi kasus, tapi tidak bisa melakukan hal-hal yang melanggar kode etik atau melanggar hukum. Jika Pengacara anda tidak bisa mengikuti petunjuk dari anda , Pengacara harus menjelaskan kepada anda kenapa.

5. Pengacara anda seharusnya menjawab panggilan dalam suatu waktu yang wajar. Jika Pengacara anda sibuk dengan kasus- kasus yang lain, Pengacara harus memberitahukan kapan waktunya untuk bicara dengan anda terkait kasus yang anda hadapi.

6. Pengacara anda harus menepati janji dengan anda. Jika Pengacara anda tidak bisa menepati janji dengan anda atau jika Pengacara anda lupa janji dengan anda, Pengacara seharusnya menghubungi anda untuk membuat janji kembali.

7. Pengacara anda seharusnya memberi informasi yang cukup tentang kasus anda sedang hadapi. Itu berarti Pengacara anda seharusnya:
  • Menjelaskan apa yang sedang terjadi pada setiap tahap dalam kasus anda.
  • Menjawab pertayaan yang anda ajukan.
  • Memberikan anda semua dokumen atau informasi lainnya yang layak.
8. Pengacara anda seharusnya memberitahukan anda dengan segera jika pengacara lupa untuk melakukan sesuatu yang penting atau melakukan suatu kesalahan.

9. Pengacara anda seharusnya memastikan anda mendapatkan penerjemah jika anda membutuhkan dalam suatu pertemuan atau dengar pendapat. Penerjema bekerja untuk anda dalam berkomunikasi dengan Pengacara Anda. Pekerjaan dari Pengacara anda adalah melakukan wawancara dengan anda dan memberi anda saran selaku kliennya.

10. Jika anda tidak begitu puas dengan hasil kasus anda, Pengacara anda seharusnya menjelaskan apakah anda dapat mengajukan upaya banding.

11. Jika anda mengganti Pengacara, Pengacara anda terlebih dahulu mengirimkan data anda kepada Pengacara anda yang baru secepat mungkin

12. Pengacara anda harus menyelesaikan pekerjaannya dalam waktu yang wajar. Jika Pengacara anda. Jika Pengacara anda menginginkan a suatu penundaan waktu yang panjang , Pengacara anda memberitahu anda segera mungkin.

12. Jika menurut anda selaku klien bahwa Pengacara anda belum memenuhi standar, diskusikan dengan pengacara anda. Jika permasalahan tidak terselesaikan, buat secara tertulis untuk ditujukan kepada kantor bantuan hukum untuk mengetahui apa yang dapat dilakukan terkait permasalahan tersebut.


Source: diterjemahkan dari Guide For Legal Aid Lawyer, yang diterbitkan oleh Legal Service Society. British Columbia.

0 komentar:

Post a Comment